KOMUNITAS PECINTA KALAJENGKING INDONESIA


Forum Para Pecinta Kalajengking
 
IndeksPortalFAQPendaftaranLogin

Share | 
 

 <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
~Admin~
Admin
Admin
avatar

Jumlah posting : 159
Join date : 10.12.11
Age : 28
Lokasi : Indonesia

101211
Post<CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)

Heterometrus sp.
(Ehrenberg, 1828)
Genus ini mempunyai nama umum Asian Forest Scorpion. Genus ini tersebar di seluruh Asia, termasuk di Indonesia.
Sampai saat ini baru 2 Heterometrus spesies saja yg ditemukan di Indonesia, yaitu Heterometrus cyaneus dan Heterometrus longimanus. Perbedaan dari 2 spesies itu terletak pada warnanya, H.cyaneus berwarna hitam-kehijauan, sedangkan H.longimanus berwarna hitam-kemerahan. 






Daerah Asal : Asia
Habitat : Hutan Tropis
Habits : Epigaeous (permukaan tanah)
Terrarium : 40x20x30 cm (adult)
Substrat : Peat / cocopeat
Hidding : Bark / potongan kayu
Suhu : Siang/Malam 28/20 Celcius
Kelembapan : 80-90 %
Persediaan Air : Selalu butuh air
Komunal : Ya
Sifat : Mudah panik, lumayan cepat.
Venom : 2 (1-4) berbisa sedang.





Tempat peliharaan:
Akurium, kontainer, dan harus bertutup.

Untuk medianya :
Tanah gembur , seperti tanah buat tanaman, coco-peat murni.
jangan pasir .


Makanan :
Jangkrik ,belalang , cacing, dan hewan2 kecil lainnya
terkadang cicak pun doyan  Laughing
hati" semut , kalajengking bisa disemuti bila ada makanan sisa .
maka sebaiknya anda bersihin sisa" makanan agar tidak disemuti .

Makanan untuk anak kalajengking :
ulet hongkong atau jangkrik yg dipotong
bila masih sangat kecil bisa diberi kaki jangkrik


Terakhir diubah oleh ~Admin~ tanggal Mon Jun 11, 2012 5:39 pm, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
http://kalajengking.forumid.net
Share this post on: Excite BookmarksDiggRedditDel.icio.usGoogleLiveSlashdotNetscapeTechnoratiStumbleUponNewsvineFurlYahooSmarking

<CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS) :: Comments

avatar
Re: <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)
Post on Wed May 23, 2012 6:28 pm by nicolaskristian
btw, klo dikasi makan cacing tanah bisa ga?
ulet hongkong?
brp hari sekali makannya?
avatar
Re: <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)
Post on Wed May 23, 2012 6:35 pm by ~Admin~
nicolaskristian wrote:
btw, klo dikasi makan cacing tanah bisa ga?
ulet hongkong?
brp hari sekali makannya?

cacing bisa aja, tergantung selera si skorpi om..
ulet hongkong juga..
Makan skorpi dewasa itu bisa 3 ekor jangkrik per hari..
avatar
Re: <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)
Post on Wed May 23, 2012 6:45 pm by nicolaskristian
~Admin~ wrote:

cacing bisa aja, tergantung selera si skorpi om..
ulet hongkong juga..
Makan skorpi dewasa itu bisa 3 ekor jangkrik per hari..

sipsipp..makasih nih gan..
o iya, ciri2 kalo lg hamil apa y?
ini ane ada satu yg gendut perutnya, lebih gendut dr yg lain, tp panjang sama, dan diem doang gitu..
avatar
Re: <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)
Post on Wed May 23, 2012 6:50 pm by ~Admin~
nicolaskristian wrote:

sipsipp..makasih nih gan..
o iya, ciri2 kalo lg hamil apa y?
ini ane ada satu yg gendut perutnya, lebih gendut dr yg lain, tp panjang sama, dan diem doang gitu..

Kalo gendut hamil biasanya keliatan calon anaknya karena perut yg besar dan menipis.. (kaliatan warna putih lonjong samar2)
avatar
Re: <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)
Post on Wed May 23, 2012 6:51 pm by nicolaskristian
~Admin~ wrote:


Kalo gendut hamil biasanya keliatan calon anaknya karena perut yg besar dan menipis.. (kaliatan warna putih lonjong samar2)

kaya di film alien gitu yaa? serem juga.. -___-
ini ada sepasang yg lg mojok trus mukanya nempel gitu..udah 2 jam ga pindah2..tidur atau emang lama kalo lg "main"?
avatar
Re: <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)
Post on Wed May 23, 2012 7:00 pm by ~Admin~
nicolaskristian wrote:

kaya di film alien gitu yaa? serem juga.. -___-
ini ada sepasang yg lg mojok trus mukanya nempel gitu..udah 2 jam ga pindah2..tidur atau emang lama kalo lg "main"?

skorpi kalo kimpoy sekitar 20 menit sampe 1jam om..
terus dia melakukan tarian perkawinan (maju mundur/tarik menarik)..
avatar
Re: <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)
Post on Thu May 24, 2012 7:18 pm by nicolaskristian
om..td pagi ane kasih jangkrik ke AFS ane, masing2 3 ekor..
dari 5 AFS, cuma 1 yg mau makan, itu jg cuma 1 jangkrik..kenapa yaa kira2 penyebabnya?
apa karena faktor siang/malam?
gmn cara buat bangkitin nafsu makan AFS?
avatar
Re: <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)
Post on Thu May 24, 2012 8:42 pm by bacon89
nicolaskristian wrote:
om..td pagi ane kasih jangkrik ke AFS ane, masing2 3 ekor..
dari 5 AFS, cuma 1 yg mau makan, itu jg cuma 1 jangkrik..kenapa yaa kira2 penyebabnya?
apa karena faktor siang/malam?
gmn cara buat bangkitin nafsu makan AFS?

1. mungkin karena pagi (biasanya dia makan malem)
2. skorpi paling malu kalo diliatin makannya
3. sudah makan sebelumnya (masih kenyang)
4. kebiasaan si skorpi anda dengan diet 1 ekor/hari
5. skorpi diksih makan ga langsung dimakan (rada sabar gitu om..)
6. kenyamanan kandang kurang (terlalu padat, kurang lembab, kurang asik lah mungkin)
avatar
Re: <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)
Post on Thu May 24, 2012 10:39 pm by nicolaskristian
bacon89 wrote:
nicolaskristian wrote:
om..td pagi ane kasih jangkrik ke AFS ane, masing2 3 ekor..
dari 5 AFS, cuma 1 yg mau makan, itu jg cuma 1 jangkrik..kenapa yaa kira2 penyebabnya?
apa karena faktor siang/malam?
gmn cara buat bangkitin nafsu makan AFS?

1. mungkin karena pagi (biasanya dia makan malem)
2. skorpi paling malu kalo diliatin makannya
3. sudah makan sebelumnya (masih kenyang)
4. kebiasaan si skorpi anda dengan diet 1 ekor/hari
5. skorpi diksih makan ga langsung dimakan (rada sabar gitu om..)
6. kenyamanan kandang kurang (terlalu padat, kurang lembab, kurang asik lah mungkin)

okaaay..thx nih..dapet pencerahan banget buat ane yg masih nubi..hahaha..
Very Happy
avatar
Re: <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)
Post on Tue Jun 05, 2012 11:15 am by Andrisethiady
Kimpoy selama 1 bulan gimana om
Setiap hri hrus d gabungin biar kimpoy terus Apa seminggu sekali kimpoynya selama 1 bln
Mohon pencerahannya om
avatar
Re: <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)
Post on Tue Jun 05, 2012 9:53 pm by bacon89
Andrisethiady wrote:
Kimpoy selama 1 bulan gimana om
Setiap hri hrus d gabungin biar kimpoy terus Apa seminggu sekali kimpoynya selama 1 bln
Mohon pencerahannya om

ga ngerti ane juga.. ini tulisan di copy paste dari om wahyu... coba tanya beliau om..
avatar
Re: <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)
Post on Sun Jun 24, 2012 6:10 pm by zyads
Numpang tny om, kepadatan scorpy di kontainer itu brp om??
kalo substrat smua pke serbuk kayu bisa ga??
trus, hiding place dibuat pke apa bgusnya??
makasi om
avatar
Re: <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)
Post on Sun Jun 24, 2012 6:34 pm by ~Admin~
zyads wrote:
Numpang tny om, kepadatan scorpy di kontainer itu brp om??
kalo substrat smua pke serbuk kayu bisa ga??
trus, hiding place dibuat pke apa bgusnya??
makasi om

tergantung kontainernya sebesar apa.. kalo saya pake gex yg ukuran sedang itu dimasukin 10 kalajengking..
untuk hiding bisa pake bambu atau batok kelapa om..
avatar
Re: <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)
Post on Mon Jun 25, 2012 7:42 pm by zyads
kalo kontainerny ukuran pnjg, lebar, tggi ny itu 43, 32, 13 om? itu bisa brp scorpy?
avatar
Re: <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)
Post on Sun Mar 10, 2013 12:37 am by donijo
zyads wrote:
kalo kontainerny ukuran pnjg, lebar, tggi ny itu 43, 32, 13 om? itu bisa brp scorpy?

kalo segitu mungkin bisa satu-dua pasang Surprised
avatar
Re: <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)
Post on Mon May 27, 2013 10:35 pm by de QueenZy
sejak jumat dari ekspedisi belum ane beri makan... ane wara-wiri trus, tadi pagi ane belikan jangkrik... kok gak dimakan, bingung... kuatir dia stress ditempat baru...
jadi makin paham... semoga mereka sehat2 aje... Smile
avatar
Re: <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)
Post on Tue May 28, 2013 6:40 am by donijo
de QueenZy wrote:
sejak jumat dari ekspedisi belum ane beri makan... ane wara-wiri trus, tadi pagi ane belikan jangkrik... kok gak dimakan, bingung... kuatir dia stress ditempat baru...
jadi makin paham... semoga mereka sehat2 aje... Smile

iya mungkin masih stress,,
coba aja disediain jangkrik terus di kandangnya,,,
tapi diawasi ya,,kalo jangkrik dibunuh tp ga dimakan cepet2 dikeluarin jasadnya
khawatir mengundang semut Laughing
avatar
Re: <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)
Post on Tue May 28, 2013 10:28 am by de QueenZy
siapzz gan... ane jaga + lihat2 terus... coz masih gemes (baru punya sih)...
dulu pernah punya (waktu SD), dapat dari hutan deket rumah nenek... tapi cuman, semalam dipiara trus dilepasin... hehehe... coz, kena semprot nenek ...
avatar
Re: <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)
Post on Tue Nov 12, 2013 7:42 pm by Åbdi Van Persie Alonso
om klo sengat kalajengkingnya di cabut bsa tumbuh lgi g ?Question
avatar
Re: <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)
Post on Wed Nov 13, 2013 2:14 pm by ~Admin~
Åbdi Van Persie Alonso wrote:
om klo sengat kalajengkingnya di cabut bsa tumbuh lgi g ?Question
ya ga bisa, lagian ngapain dicabut??Neutral
avatar
Re: <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)
Post on Wed Nov 13, 2013 7:48 pm by Åbdi Van Persie Alonso
udh emang g ada pas di kasih
gw takut klo bisa tumbuh lagi ntr gw disengat.

klo di sengat effectnya apaan ?
avatar
Re: <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)
Post on Wed Nov 13, 2013 8:53 pm by ~Admin~
Åbdi Van Persie Alonso wrote:
udh emang g ada pas di kasih
gw takut klo bisa tumbuh lagi ntr gw disengat.

klo di sengat effectnya apaan ?
kalo takut disengat mah mending pelihara kucing aja..haha..
apa spesies nya? efeknya beda2 tergantung spesies
avatar
Re: <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)
Post on Thu Nov 14, 2013 10:28 pm by Åbdi Van Persie Alonso
gue g tau, warnanya hitam trus di kakinya kaya ada bulu dan di ekor nya warna kuning
avatar
Re: <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)
Post on Fri Nov 15, 2013 12:04 am by ~Admin~
Åbdi Van Persie Alonso wrote:
gue g tau, warnanya hitam trus di kakinya kaya ada bulu dan di ekor nya warna kuning
foto lah.. scratch
avatar
Re: <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)
Post on Mon Nov 18, 2013 6:19 pm by nurkholis moh.zacky
diats tdi disebutkan kalo tiap seminggu sekali di jemur scorpynya.. 
kalau lgi bunting g apa2 kalau dijemur om???? 
mkasih sblumnya...
avatar
Re: <CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)
Post on Mon Nov 18, 2013 10:04 pm by bacon89
nurkholis moh.zacky wrote:
diats tdi disebutkan kalo tiap seminggu sekali di jemur scorpynya.. 
kalau lgi bunting g apa2 kalau dijemur om???? 
mkasih sblumnya...
yg dijemur kandangnya aja om, supaya terhindar dari penyakit.. bukan kalajengkingnya..
 

<CARESHEET> Heterometrus sp. (AFS)

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 

Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
KOMUNITAS PECINTA KALAJENGKING INDONESIA :: LEARNING THE HOBBY :: Scorpion Caresheets-
Navigasi: