KOMUNITAS PECINTA KALAJENGKING INDONESIA


Forum Para Pecinta Kalajengking
 
IndeksPortalFAQPendaftaranLogin

Share | 
 

 Membedakan H. Cyaneus dengan H. Longimanus

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
donijo
7th Instar
7th Instar
avatar

Jumlah posting : 98
Join date : 01.01.13
Lokasi : Depok

PostSubyek: Membedakan H. Cyaneus dengan H. Longimanus    Sun Mar 10, 2013 1:21 pm

Seperti yg udah kita tahu ada 2 jenis AFS yg sering dijumpai di Indonesia,
pertama heterometrus cyaneus dan kedua heterometrus longimanus,

Nah,kedua jenis ini jika dilihat sekilas akan nampak sama,tetapi sebenarnya berbeda,
berawal dari rasa penasaran ingin tau bedanya maka saya cari2 referensi sendiri dan mengamati langsung,,
disini saya mau share hasil pengamatan saya,,semoga dapat membantu..  Wink

pertama kita lihat dulu penampakan cyaneus dan longimanus
disini saya mencari gambar yang udah bener2 terbukti jenisnya
cyaneus:
 
longimanus:
 

sudahkah terlihat bedanya??
kalo belum mungkin lanjut ke literatur dulu ya,,
literatur:
 

dari referensi tersebut dijelaskan bagian yg paling gampang untuk diidentifikasi adalah bagian kepala atau carapacenya,,
nah yg digambar tersebut adalah pola yg ada di kepala,,
setiap jenis AFS ternyata memiliki pola yg berbeda, tetapi disini saya cuma menjelaskan tentang 2 jenis tadi,,

untuk longimanus, ada granule atau lekukan lg di daerah blkg mata,jd polanya meruncing
untuk cyaneus, ga ada granule atau lekukan lg di blkg mata,jd polanya bulet
(btw buletan 2 di kepala itu mata kan yak? :p)
untuk bentuk capitnya kalo dari foto agak susah dikenali tp jika diamati langsung pada longimanus capit terlihat panjang dan pipih sedangkan cyaneus lebih membulat,,
simpel kan?  Razz

terakhir kita coba membandingkan dari foto AFS milik member yg ada disini,,
foto yg saya pake adalah yg paling jelas terlihat bedanya,,



gimana?sudah ada sedikit gambaran kan??
hal ini bakalan lebih mudah ketika kita sering mengamati langsung,,

oh iya,,ada bbrp orang yg bilang warna keduanya berbeda ketika kena cahaya matahari langsung,,
longimanus akan berwarna kehijauan dan cyaneus cenderung berwarna cyan,,
tp untuk hal ini saya sendiri blm pernah membuktikan

btw,,maap kalo sotoy,,
mungkin kalo ada yg salah dr penjelasan ane atau ada om tante disini yg lebih tau bisa dishare,,
mari share pengetahuan dan belajar bersama tentang kalajengking,,

salam sengat  cheers

sumber : http://arachnidae.net/index.php/en/caresheets/scorpionscaresheets/83-5-heterometrus-sp-ehrenberg-1828-with-identification-
edited by : donjo

_kalajengking.forumid.net_
--------------------------------------------------------------
Old Japanese saying, live scorpion in pants makes life interesting.
Kembali Ke Atas Go down
~Admin~
Admin
Admin
avatar

Jumlah posting : 159
Join date : 10.12.11
Age : 28
Lokasi : Indonesia

PostSubyek: Re: Membedakan H. Cyaneus dengan H. Longimanus    Sun Mar 10, 2013 1:27 pm

nice infonya om joe cheers

_kalajengking.forumid.net_
kalajengking.forumid.net
Kembali Ke Atas Go down
http://kalajengking.forumid.net
donijo
7th Instar
7th Instar
avatar

Jumlah posting : 98
Join date : 01.01.13
Lokasi : Depok

PostSubyek: Re: Membedakan H. Cyaneus dengan H. Longimanus    Sun Mar 10, 2013 2:02 pm

yuhuuuuuuuuuuu terimakasih mimin afro

_kalajengking.forumid.net_
--------------------------------------------------------------
Old Japanese saying, live scorpion in pants makes life interesting.
Kembali Ke Atas Go down
jiraiya shanin
egg
egg
avatar

Jumlah posting : 3
Join date : 04.04.13
Lokasi : Semarang, Jateng

PostSubyek: Re: Membedakan H. Cyaneus dengan H. Longimanus    Sun Apr 07, 2013 11:33 pm

hehehehe sekarang tahu saya bedanya Smile
Kembali Ke Atas Go down
donijo
7th Instar
7th Instar
avatar

Jumlah posting : 98
Join date : 01.01.13
Lokasi : Depok

PostSubyek: Re: Membedakan H. Cyaneus dengan H. Longimanus    Tue Apr 09, 2013 5:33 am

jiraiya shanin wrote:
hehehehe sekarang tahu saya bedanya Smile

pinteeeerrrrr cheers

_kalajengking.forumid.net_
--------------------------------------------------------------
Old Japanese saying, live scorpion in pants makes life interesting.
Kembali Ke Atas Go down
Rama EBy
Wakil KoorNas
avatar

Jumlah posting : 196
Join date : 11.06.12
Age : 28
Lokasi : Bengkulu

PostSubyek: Re: Membedakan H. Cyaneus dengan H. Longimanus    Fri Apr 12, 2013 12:08 pm

Ane masih bingung dengan granule-nya. Very Happy
Tapi emang sih, longi ane berwarna kehijauan saat terkena sinar matahari. Capitnya juga kurus n panjang.
Btw, nice info om. (y)

_kalajengking.forumid.net_



S-Corps
Kembali Ke Atas Go down
~Admin~
Admin
Admin
avatar

Jumlah posting : 159
Join date : 10.12.11
Age : 28
Lokasi : Indonesia

PostSubyek: Re: Membedakan H. Cyaneus dengan H. Longimanus    Mon Dec 09, 2013 9:36 pm

"longimanus akan berwarna kehijauan dan cyaneus cenderung berwarna cyan,," 
ralat tuh om, warna cyan kan warna biru kehijauan.. jadi sama aja ijo juga, dan H.longimanus ga berwarna hijau

_kalajengking.forumid.net_
kalajengking.forumid.net
Kembali Ke Atas Go down
http://kalajengking.forumid.net
sting to strike
egg
egg
avatar

Jumlah posting : 6
Join date : 21.01.14
Lokasi : Jakarta Selatan

PostSubyek: Re: Membedakan H. Cyaneus dengan H. Longimanus    Tue Feb 25, 2014 5:14 pm

trims atas infonya om Joe
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Membedakan H. Cyaneus dengan H. Longimanus    

Kembali Ke Atas Go down
 
Membedakan H. Cyaneus dengan H. Longimanus
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
KOMUNITAS PECINTA KALAJENGKING INDONESIA :: KANDANG KALAJENGKING :: SCORPION PICTURES/VIDEOS :: IDENTIFIKASI KALAJENGKING-
Navigasi: